Pengikut

Sabtu, 24 Juli 2010

Garut' Jawa Barat

Makam Godog, Kec. Karangpawitan, Desa Lebak Agung.
Di Dalam Kompleks Makam Keramat Godog terdapat 7 buah makam. Di Ruang utama terletak makam Kian Santang, sedangkan makam Sembah Dalem Sareupan Sucim, makam sembah Dalem Sareupan Agung, makam Sembah Dalem Kholipah Agung dan makam Santuwaan Marjaya Suci terletak di ruangan lain. Makam lainnya yang berada di kompleks ini adalah makam Syekh Dora dan makam Sembah Pager jaya yang terletak diruang terbuka terpisah dari makam - makam diatas. Komplek Makam Keramat Godog memiliki cerita yang terkait dengan Prabu Kian Santang atau Syekh Sunan Rohmat. Prabu Kian Santang bersama 2 saudaranya, yaitu Dewi rara Santang dan Walang Sungsang merupakan anak Prabu Siliwangi.

Makam Keramat (hyang Wali Nagara) di Cilawu garut

Makam Keramat Biru - Cilegon - Garut

Terletak di Desa Cinunuk, Kecamatan Wanaraja. Makam yang keramat yaitu Makam Pangeran Papak, dia salah seorang penyebar Agama Islam terdapat beberapa peninggalan benda pusaka masa lalu seperti pedang, keris, goong, sadel kuda yang terbuat dari kuningan. (keturunan Raden Patah).

Makam Sunan Cipancar di Kp. Pasir Astana, Desa Pasirwaru, Kec. Balubur Limbangan. Salah satu tokoh yang mengt-Islamkan di Garut.

Kawasan Gunung Poronggol Limbangan ada Petilasan Sunan Rumenggong, yang mempunyai nama Jayakusumah/Wijayakusumah(I) Ratu Rara Inten Rakean Layaran Wangi/Jaya Permana/Gagak Rancang.

Sayangheulang Garut Selatan, tepat di ujung barat pantai terdapat bukit kecil. di Puncak itu terdapat sebuah makam keramat yang oleh penduduk sekitar diakui sebagai Makam Prabu Geusan Ulun. Keberadaan makam tersebut agak mengherankan, seperti diketahui Prabu Geusan Ulun adalah Raja Sumedanglarang. di Sumedang itu pusakanya Makam Raden Pangen Papak yang berada di Cinunuk, RT 04 RW 05 Kec. Wanaraja KOta Garut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar