Pengikut

Sabtu, 14 Agustus 2010

Sragen, Salatiga, Boyolali

Legenda Gunung Tugel juga berasal dari Boyolali.
Seperti kebanyakan Legenda di Jawa Tengah, Legenda ini bermula dari sebuah makam. Makam itu adalah makam Kiai Singaprana, seorang cucu Raden Joko Dandun, yang oleh Masyarakat Surakarta sering disebut dengan nama Syekh Bela-Belu, Putra Brawijaya V, Raja Majapahit Terakhir.

Daerah Pengging :

Tiga lokasi yang dianggap keramat, yakni Umbul Siraman Dalem, Umbul Sungsang dan makam eyang Yosodipuro.

Yosodipuro adalah Sastrawan/Pujangga jaman Kerajaan Mataram, sebelum Ronggowarsito.
Kyai Yosodipuro I lahir tahun 1792 dan wafat tahun 1802. Pujangga Surakarta ini Tumenggung Sastranegara atau Kyai Yosodipuro II. Keduanya merupakan pujangga, bahkan terkadang sulit membedakan hasil karyanya karena beliau berdua melahirka karyanya secara (kurang lebih)bersamaan. Adapun hasil karyanya yang terkenal antara lain Gubahan Arjuna Wiwaha, menyusul kemudian gubahan Bharatyudha, karya lainnya serat panitisastra, sedang karya Kyai Jasadipuro II antara lain : serat Arjunasosrobahu.

Saat wafatnya Kyai Yosodipuro I, lahirlah Raden Ngabehi Ronggowarsito. Tepatnya tanggal 14 Maret 1802. Beliau ini juga keluarga sastrawan Jawa. Cucu dari Raden Ngabehi Jasadipuro II, jadi memang darah keturunan pujangga.
Hal lain :

Desa Butuh, Kec. Plupuh, Kab. Sragen adalah tempat makam keluarga Jaka Tingkir (mas Karebet)
Di Desa Tingkir (Daerah Salatiga) inilah Mas Karebet dilahirkan.

Ayah Mas Karebet berasal dari Daerah Pengging (boyolali)
Tidak jauh dari pos tingkir (Salatiga) agak kedalam ada sendang Senjoyo. Sendang ini tempat Eyang Sanjaya Mataram Kuno. Dan sendang ini juga pernah dipakai Jaka Tingkir untuk Tapa Kungkum.

2 komentar:

  1. makam eyang siungoprono pernah saya ziarahi dan kunjungi beberapa tahun yang lalu. Di sini kami menginap sampai pagi dengan kawan-kawan sebanyak 6 orang. Kalau sendhang senjoyo memang dekat dengan rumahku. tapi pengunjungnya yang banyak memang dari luar kota.

    RM ismunandar C
    www.episto.blogspot.com

    marifatrasa.bloghspot.com

    BalasHapus
  2. Asslamualaikum....
    saya hanya sebagai perantara untuk menyampaikan tentang pesugihan tanpa tumbal nyawa manusia/keluarga, Karena tidak semua jenis pesugihan harus memakai tumbal manusia dan beresiko untuk keluarga, jika anda mencari pesugihan dengan hasil cepat dan aman, saya memberikan solusi penarikan dana ghoib, diperoleh melalui ritual doa-doa dzikir khusus sehingga jauh dari hal-hal klenik/mistik yang tentunya dilarang oleh Agama. SAYA SENDIRI SUDAH BUKTIKAN ALHAMDULILLAH BERHASIL. Saat saya menghubhngi pak.kyai, katanya pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan penarikan uang gaib dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti dan hanya 2 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 2Milyar yang saya minta benar-benar ada di tangan saya. jika ada teman-teman yang mengeluhkan nasibnya, saya menyarankan untuk menghubungi kyai shole pati agar di berikan arahan. jika ingin konsultasi silahkan hubungi KH.SHOLE PATI di 0852-1905-3025. atau kunjungi dulu wibsitenya agar lebih di mengerti http://pesugihanpatishole.blogspot.co.id

    SYARAT YANG HARUS DI LAKUKAN ADALAH ... !!!
    BERJANJI DAN BERSAKSI BAHWA TIADA TUHAN SELAIN ALLAH,
    DAN NABI MUHAMMAD ADALAH UTUSAN ALLAH.
    SIAP MEMULAI HIDUP YANG BARU, YANG ARTINYA MELAKSANAKAN
    PERINTAH ALLAH DAN MENJAHUI SEMUA LARANGNYA.
    SIAP MENGERJAKAN 5 PEKERJAAN DALAM 1 HARI,YAITU SHOLAT 5 WAKTU
    SECARA RUTING HINGGA AJAL MENJEMPUT,..SUBAHANALAH...!!!!

    dari situlah saya sangat tertarik dan kagum.
    terimakasi KH.SHOLE PATI,WASALAM HJ.IRMA YANTI.

    BalasHapus